Sekarang Daftarin Merk Dagang Kelar dalam 1 Tahun, Ini Caranya!



Ngurus merk dagang ternyata mudah loh. Buktinya kedai DIKASIH KOPI sudah mengantongi merk dagang dalam kurun waktu 1 tahun 3 bulan. 

Banyak yang nanya kenapa harus 1 tahunan? Sebenarnya karena ada tahapan yang harus dilalui. Bagi produk yang didaftarkan dan tidak ada tumpang nama dengan merk produk lain, satu tahun juga bisa selesai tanpa ada penolakan.

Jadi sebelum daftar dan buat akun, sebaiknya sobat dikasih lakukan pencarian dulu untuk memastikan bahwa merk yang sobat dikasih daftarkan gak sama dengan orang lain. Soalnya kalau ditolak Dirjen Kekayaan Intelektual (DJKI) maka uang pendaftaran hangus. Duh sayang kan?

Berapakah tarif pendaftaran merk dagang? Singkat saja ya. Bagi pendaftar UMKM tarifnya Rp500.000, tapi bagi pendaftar perseorangan (umum) tarifnya Rp1.800.000. Mau tau caranya daftar sendiri? Ikuti alur ini ya!
  • Buat akun dengan klik daftar di https://merek.dgip.go.id/ (pastikan ingat email dan password)
  • Cek merk untuk memastikan apakah merk dagang yang mau kita daftarin sudah ada yang daftarin. Klik ini ya https://pdki-indonesia.dgip.go.id/ (klik merk dan ketik di kolom pencarian). Kalau ternyata kosong berarti aman untuk didaftarin. Poin kedua ini adalah yang paling penting ya sobat!
  • Kembali ke akun pendaftaran awal kemudian klik permohonan online dan tekan tanda tambah (+) untuk isi formulir. Klik opsi belum supaya kode billing bisa terbit ya.
  • Ikuti langkah selanjutnya dan semangat mencoba. Untuk pendaftaran merk dagang cukup pilih merk dagang saja.
  • Siapkan KTP, NPWP, dan tanda tangan digital pemohon.
  • Pemohon bisa mendaftarkan lebih dari satu nama sebagai pemilik merk dagang.
Tahapan Satus merk dagang:
(IPT) Pengajuan Permohonan (terbit setelah pembayaran)
(TM) Untuk Dipublikasi
(TM) Masa Pengumuman
(TM) Selesai Masa Pengumuman (terbit di bulan ke-2)
(TM) Pelayanan Teknis (terbit di bulan ke-9 bulan)
(TM) Pemeriksaan Substantif 1 (DISTDOC)
(TM) Persetujuan Direktur untuk Diberi (terbit di bulan ke-11 bulan)
(TM) Untuk Didaftar (terbit di bulan ke-13)
(TM) Didaftar (terbit di bulan ke-15)

Nah sudah paham ya gimana sukses daftar merk dagang sendiri tanpa ribet. Intinya semua butuh proses dan butuh sabar.Salam sehat dan semangat mencoba, sobat dikasih!

Posting Komentar untuk "Sekarang Daftarin Merk Dagang Kelar dalam 1 Tahun, Ini Caranya!"