Indonesia Punya 4 Jenis Kopi, Yuk Kenali Cirinya


Arabica dan robusta adalah dua jenis kopi yang paling populer ditelinga penikmat kopi. Tapi sebenarnya di Indonesia tumbuh empat jenis kopi. Sebagai pecinta kopi, sobat dikasih perlu tahu apa aja jenis kopi yang tumbuh di tanah Indonesia. Yuk kita ulas bersama!

Arabica
Kopi jenis arabica paling enak diseduh secara langsung tanpa campuran apa-apa. Arabica umumnya diseduh manual (manual brew), contohnya tubruk atau V60.  Arabica tumbuh di dataran tinggi di atas 1000mdpl. Bentuk biji arabica lebih besar dibanding jenis kopi lainnya. Arabica beraroma bunga dan buah dengan cita rasa cenderung asam. Jika diperhatikan garis tengah pada biji kopi arabica meliuk-liuk (tidak lurus).

Robusta
Biji robusta berbentuk bulat dan lebih kecil dari arabica. Robusta tumbuh di dataran rendah. Kopi robusta juga bisa tumbuh di dataran tinggi. Robusta yang tumbuh di atas 1000mdpl disebut dengan fine robusta. Robusta beraoma kacang-kacangan dengan rasa yang cenderung pahit. 

Excelsa
Kopi excelsa termasuk langka ditemui di Indonesia. Saking langkanya excelsa sangat sulit ditemukan di kedai-kedai kopi di Indonesia. Salah satu excelsa yang populer adalah excelsa Wonosalam. Kopi jenis excelsa memiliki bentuk biji yang kecil. Excelsa tumbuh di dataran paling rendah atau di lahan gambut. Kopi excelsa beraroma tanah dengan rasa yang cenderung pahit dan unik. Para penikmat kopi  menyebut bahwa excelsa memiliki rasa yang unik karena rasanya separuh berasa robusta dan separuh berasa arabica.

Liberika
Kopi liberika memiliki bentuk biji yang besar dengan rasa cenderung pahit. Liberika tumbuh di dataran rendah dan memiliki aroma tanah. Rasa kopi liberika termasuk pahit. Liberika juga termasuk kopi yang langka ditemui dikedai-kedai kopi.

Gimana nih sobat dikasih udah makin kenal kan sama kopi-kopi Indonesia? 

Posting Komentar untuk "Indonesia Punya 4 Jenis Kopi, Yuk Kenali Cirinya"